16 February 2007

Sabar dan IkhLas

Beberapa bulan lalu sebelum kedekatanku ama si mas seperti sekarang, aku curhatnya ya sama my beloved mom. Hehe keadaan udah berubah dan akhirnya temen curhatku ya si mas. Banyak hal yang bahas, kami diskusi ttg banyak hal, ya kehidupan sosial, keimanan dan ketakwaan pada 4JJI, adat istiadat, sopan santun atau tata krama, apa lagi yah?? pokoke sama si mas bisa ngomongin apa aja.
Sepulang dari kerja kami saling cerita ttg aktivitas sehari pas di kantor, makan apa dan ada cerita seru apa...hehe....sangat menyenangkan kami saling tahu apa yg terjadi atau dialami pasangan kita selama sehari, dan begitu lagi keesokan harinya. Dengan begitu kami bs saling tahu sapa aja temen kantor kami meski blom pernah ketemu. Jadinya nih ya klo ketemu ama temen2 yg ada tuh malah gini..."ni lo yg namanya mbak...." de el el. hihi.....
Boleh dibilang aku tuh orangnya suka sok IDEALIS gt deh. Boleh dibilang paling gak suka dgn ketidaksesuaian tindakan dan peraturan, pokoke gitu lah..Nah, sering aku cerita ttg inilah itulah...dan aku cerita dgn marah ataupun kesal. Pernah suatu hari aku cerita ttg suatu hal ke si mas, di akhir ceritaku aku bilang....
"knapa seh aku punya perasaan jelek kayak gini, ini sangat mengganggu, aku tau aku g boleh punya pikiran atau perasaan seperti ini. Tapi kenapa setiap aku mengalami hal itu pikiran atau perasaan itu selalu datang mengusik...?!"
si mas : "ada beberapa macam penyakit hati, kmu jg sdh tau kan? ada iri, dengki, dendam, riya, dan masih banyak lagi......Nah, kmu harus berhati-hati loh! Satu hal yg harus selalu kamu ingat bahwa 4JJI adalah yang Maha Tahu ttg segala sesuatu, lakukan semua dgn rasa ikhlas, lakukan karena 4JJI. Jangan pedulikan omongan manusia, toh yang Maha Menilai semua perbuatan kita itu ya 4JJI, so...kenapa harus punya pikiran atau perasaan seperti itu? Ati2 lo....itu mendekati iri, mengharapkan orang tau apa yg kmu lakukan, mengharap orang memuji kamu....hati2..wes, selalu ingat kalo 4JJI selalu mengawasimu".
Astaghfirullah.....aku udah buat salah...Aku sedang belajar utk selalu lbh baik dr hr ke hr, belajar ikhlas itu emang sulit yah?? Aku sedang berupaya keras utk itu. Semoga 4JJI selalu memberikan petunjukNya, amiiiiiiiiiiiiiiin.
Berikut ini cuplikan dari artikel yg ditulis oleh Al-Imam Ibnu Abil 'Izzi yg dikutip dari berbagai sumber :
Hati itu dapat hidup dan dapat mati, sehat dan sakit.
Dalam hal ini, ia lebih penting dari pada tubuh. Allah berfirman, artinya: "Dan apakah orang yang sudah mati kemudian dia Kami hidupkan dan Kami berikan kepadanya cahaya yang terang, yang dengan cahaya itu dia dapat berjalan di tengah-tengah masyarakat manusia, serupa dengan orang yang keadaannya berada dalam gelap gulita yang sekali-kali tidak dapat keluar dari padanya." (Al-An'am : 122)Artinya, ia mati karena kekufuran, lalu Kami hidupkan kembali dengan keimanan. Hati yang hidup dan sehat, apabila ditawari kebatilan dan hal-hal yang buruk, dengan tabi'at dasarnya ia pasti menghindar, membenci dan tidak akan menolehnya. Lain halnya dengan hati yang mati. Ia tak dapat membedakan yang baik dan yang buruk.
Makanan yang paling berguna bagi hati adalah makanan iman. Obat yang paling manjur adalah Al-Qur'an masing-masing memiliki gizi dan obat. Barangsiapa yang mencari kesembuhan (penyakit hati) selain dari Al-kitab dan As-sunnah, maka ia adalah orang yang paling bodoh dan sesat. Sesungguhnya Allah berfirman:"Katakanlah: "Al-qur'an itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang yang beriman. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al-qur'an itu suatu kegelapan bagi mereka. Mereka itu adalah (seperti) orang-orang yang dipanggil dari tempat jauh." (Fushshilat : 44)
Aduuuhhh......semoga kita termasuk dlm golongan orang2 yg beruntung ya?! amiiiiiiiiin
Nah, agak menyimpang sedikit dr apa yg aku sampaikan di atas. Begini, ketika aku cerita dgn marah atau kesal, si mas berkata "Sekarang, klo kamu marah apa itu bs menyelesaikan masalah?". Memang benar hanya satu kalimat tapi dia sering mengingatkan aku dgn kalimat singkatnya itu, berulang-ulang.
Sampai akhirnya aku sadar bahwa 4JJI Maha Tahu ttg semua hal yg terjadi pd umatNya, kita tdk berkatapun Dia tahu apa yg ada di hati kita atau apa yg akan kita lakukan, nah dengan demikian maka seharusnya kita juga tahu bahwa kita selalu diawasi olehNya, jadi kalo ada orang yg ngeselin sekalipun aku harus tetep sabar, sesabar mungkin, berusaha sabar lah minimal. Cos kalopun marah juga cuma bikin capek aja, bikin stress kan?! Udah kalo ada yg bikin sebel yo wes diikhlasin aja. Toh yg menilai kita itu 4JJI, bukan manusia kan??! So, hina di hadapan manusia knapa harus takut?? yang penting bisa menjadi manusia mulia di hadapan 4JJI.....amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnn

***tya yg lg belajar sabar dan ikhlas.......***

No comments: