12 September 2006

BiSa antRi kan?!

Sering kita baca tulisan yang terpampang di dinding ato digantungkan di tempat2 yang menyediakan fasilitas umum ato di kantor2 pelayanan jasa. Tentu saja itu bukan sekedar tulisan untuk mengisi bagian yang kosong dari suatu ruangan ato sebagai penghias ruangan2 tsb. Tulisan itu dipasang dengan tujuan supaya orang2 membaca dan memahami maksud "Harap Antri" itu. Namun, sudahkah kita benar2 memahami makna dari tulisan itu? Sudahkah kita benar2 antri? Mendahulukan orang yang datang lebih awal dari kita dan tidak menyerobot masuk dalam antrian barisan depan??

No body's perfect...tapi aku selalu berusaha untuk merealisasikan apa yang aku pahami dari kalimat itu. ANTRI. yap....kata itulah yang berusaha kuterapkan dalam setiap kondisi di mana mengharuskan adanya antrian.

Nah...bukan saja melihat "penyerobotan" tapi aku juga sering banget ngalaminnya. Udah gak keitung!!! busseeettt....Seringkali aku mengalami perlakuan yang amat tidak menyenangkan dari orang2 yang ...entahlah...tidak membaca....ato tidak bisa membaca....Hmm...barangkali memang tidak ada tulisan itu...tapi rasanya sudah menjadi aturan tidak tertulis apabila kita berada dalam suatu tempat ato kondisi yang mengharuskan adanya antrian. Misalnya nih...pas kita membayar di kasir...yg lebih sederhana lagi...pesan makanan di warung, dehh..

Ya sekedar cerita aja nih...aku pernah pas lagi antri pesen makanan di warung langgananku..(maklum anak kos), waktu itu giliranku utk pesen..tiba2 ada sepasang kekasih (ciehh bahasaku rek!) bilang, "bu..saya pesen nasi setengah........bla3". Huh, lsg aja aku bilang..."bu, kan aku duluan..." (dgn intonasi dan raut muka yg sok innocent). Bialin aja. Rasain tuh olang. Nakal seh!!! Beberapa kali aku ngalamin hal yg sama. Dan akupun gak mo diem aja dalam situasi seperti itu. Kalo emang kita bener...so, kenapa harus takut?!

Pernah juga nih ya...waktu itu aku lagi antri di kasir salah satu swalayan waralaba...Antriannya waktu itu lumayan panjang dan aku tetap pada antrianku. Pas udah giliranku...eee aku kesel bgt tuh cos tiba2 ada wanita separuh baya langsung menyerobot masuk ke barisan paling depan (di depanku) dan meletakkan barang belanjaannya...seolah2 gak ngerasa salah. Dasar aku...Aku bilang aja..."Loh....kok gak antri sehhhh???!!". Dia jawab.."Alah...org aku cumak beli satu aja kok....". Lohhhhh??? Apa ini berarti kalo cuma beli satu barang aja harus menyerobot masuk ke antrian plg depan?? Nah,kalo misalnya semua orang berpikiran yg sama...ada berapa barang jika 10 orang membawa 1 barang dan melakukan hal yg sama????. Sekali lagi...aku mengalami hal ini udah yg kesekian kali.Bener2 sebuah peristiwa kecil dan mungkin itu adalah masalah sepele...Tapi nilai yg terkandung dalam peristiwa semacam itu...sungguh besar!!! Mana waktu itu petugas kasirnya diem aja...bukannya mengarahkan org itu untuk antri di barisan paling belakang....

Jadi...kalo emang kita harus antri, kenapa tidaK???!!! Jangan sekali-kali kita mencoba untuk mengambiL hak org laen. Nah..apa temen2 udah pada tertib antrinya?? Semoga iya.....

No comments: